« »
« »
« »
Get this widget

Selasa, 08 Juni 2010

Tata Cara Penyelenggaraan Shalat Jum'ah


TERTIB HUKUM PENYELENGGARAAN
IBADAH SHALAT JUMU’AH
Oleh : Aj. Sukmaja*)

A.      Dasar Hukum
Ibadah shalat jum’ah hukumnya fardlu bagi laki-laki muslim dengan syarat dan rukun sebagaimana sudah ditentukan oleh kalangan ulama mujtahid dalam beberapa kitab. Adapun rujukan yang akan kita ambil dalam pembahasan ini adalah mengacu pada hasil ijtihad mazhab Imam Asy-Syafi’i. Dasar hukum yang digunakan dari empat dasar hukum yang dipegang, yaitu Al Qur’an, Al Hadits/As Sunnah, Ijma’ dan Qiyas. Maka dasar hukum ibadah shalat jum’ah sudah cukup jelas dengan 3 dasar hukum, yaitu :
1.       Al Qur’an
QS. Al Jumu’ah (62) : 9

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli[1475]. yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
----------
[1475] Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar dan muazzin telah azan di hari Jum'at, Maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muazzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.


2.       Al Hadits
وَفِى صَحِيْحِ مُسْلِم اَنَّهُ عَـلَيْهِ الصَّللاَةُ وَالسَّلاَمُ قَالَ: لَقَـدْ هَمَمْتُ اَنْ اَمُرَ رَجُلاً فَيُصَلِّى بِالنَّاسِ ثُمَّ اُحَرِّقَ عَلَى رِجَالٍ يَتَخَلَّفُوْنَ عَـنِ الجُمْعَةِ بُيُوْتَهُـــمْ

Diterangkeun dina hadits Sohéh Muslim saenyana Kangjeng Nabi Muhammad SAW ngadawuh kieu : “Yakin geus neja kaula kana nitah ka hiji lalaki solat sarta jalma-jalma tuluy dihuru pirang-pirang imah lalaki nu tinggaleun Juma’ahan”.

Dalam Hadits shahih riwayat Imam Muslim dikatakan bahwasannya Rasulullah SAW pernah bersabda : “Sesungguhnya aku berangan-angan untuk memerintahkan seseorang untuk mendirikan shalat secara berjama’ah kemudian membakar rumah orang-orang yang meninggalkan shalat Jum’at”.


3.       Ijma’ul Ulama’
فصـل : وشرائط وجـوب الجمعة شبعة أشياء الإسلام والبلوغ والعقـل والحرية والذكورية والصحة والإستطان

Ari pirang-pirang syarat wajibna shalat Jum’ah éta aya 7 (tujuh) pirang-pirang perkara; kahiji Islam, kadua baligh, katilu boga akal, kaopat merdéka, kalima lalaki, kagenep cageur, katujuh imah-imah.

Kewajiban shalat Jum’at dibangun dengan 7 (tujuh) macam syarat, yaitu : Islam, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, sehat, dan berkedudukan menetap.

B.      Syarat Sah Penyelenggaraan Jum’ah

وشرائط فعــلها ثلاثة : ان تكون البلد مصرا كانت أوقرية، وان يكون العـدد اربعين
من اهــل الجمعــة، وان يكون الوقت الباقيا فإن خرج الوقت او عدمت
الشروط صليت ظهــــرا

Jeung pirang-pirang syarat sahna migawé solat Jum’ah éta aya tilu : Kahiji kabuktian balad jum’ahna kota tawa kapung. Kadua kabuktian peserta/anggota jum’ah 40 urang ti ahli jum’ah. Katilu kabuktian dina waktu Lohor. Kumargi sakitu lamun geus kaluar waktu atawa teu manjing syarat jum’ah, maka kudu solat Lohor baé.

Adapun ketentuan untuk dapat menyelenggarakan shalat Jum’at harus memenuhi tiga syarat, yaitu : Pertama, diselenggarakan dalam sebuah wilayah kampung/negeri. Kedua, jumlah jama’ah (yang memenuhi syarat) mencapai 40 orang (minimal). Ketiga, dilaksanakan pada waktu shalat dhuhur.  Apabila ketiga syarat tersebut tidak terpenuhi  maka laksanakanlah shalat dhuhur.

C.      Fardlu Jum’ah

وفرائضها ثلاثة : خطبتان يقــوم فيهما، ويجلس بينهــا، وان تصلى ركعتين فى جماعة

Jeung ari pirang-pirang parduna jum’ah éta aya tilu : Kahijina sareng kaduana khutbah dua bari nangtung sareng diuk di antara khutbah dua. Katiluna dilaksanakeun solat jum’ah dua roka’at sarta berjama’ah. (Al Bajuri Al Juz-ul Awal, hal... 210)

Fardlu shalat Jum’at ada tiga, yaitu : Pertama, khutbah dua yang dilaksanakan sambil berdiri. Kedua, duduk antara khutbah dua. Ketiga, melaksanakan dua raka’at shalat Jum’at secara berjama’ah. (Al Bajuri Al Juz-ul Awal, hal... 210)

D.      Rukun Khutbah

فصل : اركان الخطبتين خمسة : حمد الله فيهما والصلاة على النبي صلى الله عليه وســلم فيهما والوصية بالتقوى فيهما وقراءة اية من القران فى احداهما والدعآء للمؤمنين والمؤمنات فى الأخرة

Ari pirang-pirang rukun hutbah dua éta aya lima; kahiji maca alhamdulillah, kadua maca shalawat, katilu maca ittaqulloh dina hutbah dua, kaopat maca ayat tina Al Qur’an dina salah sahijina hutbah dua, kalima maca du’a keur mu’minin jeung mu’minat dina hutbah anu pandeuri.

Rukun khutbah terdiri dari lima macam, yaitu
1.       Membaca hamdallah pada khutbah pertama dan kedua
2.       Membaca shalawat atas Nabi SAW pada khutbah pertama dan kedua
3.       Memberi wasiat dengan taqwa pada khutbah pertama dan kedua
4.       Membaca satu ayat dari Al Qur’an pada salah satu khutbah yang dua
5.       Mendo’akan mu’minin dan mu’minat pada akhir khutbah

E.       Syarat Khutbah Dua

فصل : شروط الخطبتين عشرة : الطهرة عن الحدثين الأصغر والأكبر، والطهرة عن النجاسة فى الثوب والبدن والمكان، وسترالعورة، والقيام على القادر، والجلوس بينهما فوق طمأنينة الصلاة، والموالاة بينهما، وبين الصلاة، وان تكون بالعربية، وان يسمعهما اربعين، وان تكون كلها فى وقت الظهـر

Ari pirang-pirang syarat hutbah dua éta aya sapuluh. Kahiji, beresih tina hadas leutik sareng hadas gedé. Kadua, beresih tina najis dina pakéan, badan sareng tempat. Katilu, tutup aurat. Kaopat, nangtung ka nu kaduga. Kalima, diuk dina antara hutbah dua saluhureun tuma’ninahna shalat. Kagenep, tuluy-tuluy antara hutbah dua. Katujuh, tuluy-tuluy antara hutbah jeung shalat. Kadalapan, bahasa Arab. Kasalapan, kakuping ku ahli jum’ah anu 40. Kasapuluh, akbuktian sakabéh hutbah dina waktu duhur. (Safinatun Naja’ : 96 – 98)

Syarat khutbah ada 10
1.       Suci dari hadas kecil dan hadas besar
2.       Suci dari najis, baik pakaian, badan, maupun tempat
3.       Menutup aurat
4.       Berdiri apabila memungkinkan
5.       Duduk antara dua khutbah dengan perbandingan lebih lama dibandingkan dengan tuma’ninah shalat
6.       Berkesinambungan/simultan antara khutbah pertama dengan khutbah kedua
7.       Berkesinambungan antara khutbah dengan shalat jum’ah
8.       Dengan bahasa Arab
9.       Harus didengar oleh 40 orang jama’ah (batas minimal)
10.   Seluruh rentetan khutbah dilaksanakan pada waktu dzuhur

F.       Amalan Sunnat sebelum Jum’atan

وهيأتهـا أربع خصال : الغسل وتنظيف الجسد ولبس الثياب البيض وأخذ الظفر والتطيب. ويستحب الإنصات فى وقت الخطبة ومن دخل المسجد والإمام يخطب صلى ركعتين خفيفتين ثم يجلس

Jeung ari pirang-pirang pasunatan sateuacan jum’ah éta aya opat perkara: Kahiji, adus. Kadua, ngaberesihan awak. Katilu, maké pakéan anu warna bodas. Kaopat, ngeureutan kuku sareng maké seuseungitan. Sareng disunatkeun répéh bari ngupingkeun nalika dibaca hutbah. Saha jalma anu asup ka masjid ari imam keur hutbah, sunat shalat dua roka’at énténg duanana tuluy diuk. (Al- Bajuri, jilid 1. Hal 220 – 223)
Ada empat macam pekerjaan sunnat sebelum berangkat menuju shalat jum’ah, yaitu
1.       Mandi (seperti mandi janabat)
2.       Membersihkan badan
3.       Mengenakan pakaian berwarna putih
4.       Memotong kuku dan memakai wangi-wangian
Disunnatkan pula ketika seseorang sudah masuk masjid maka diamlah, tidak berbicara selain berdzikir dan mendengarkan serta menyimak khutbah. Dan barang siapa masuk masjid pada saat khatib berkhutbah hendaklah ia shalat dua rakaat dengan shalat yang ringan, lalu duduklah.

G.     Beberapa Kriteria Imam Jum’ah

فرع : للإمام صفات مستحبة وصفات مشروطة. فالمستحبة ستة وهي الفقه والقراءة والوراع والسن والنسب والهجرة. فيقدم الأفقــه وإن لم يجفظ سوى الفاتجــة على الأقراء القليل الفقه.
والمشروطة خمسة احدها وثانيها أن لايكون محدثا ولاجنبا وثالثها أن لايكون على ثوبه او بدنه نجاسة غير معفو عنهـــا ورابعهــا أن لايترك الإعتدال والطمأنينة فى الصلاة وخامسهــا أن لايترك قراءة الفاتحـــة مع إمكانهـا

Pikeun imam aya pirang-pirang sipat anu disunatkeun jeung pirang-pirang sipat anu disyaratkeun. Ari pirang-pirang sipat anu disunatkeun aya genep. Kahiji, Fiqh. Kadua, pasih bacaanana. Katilu, apik. Kaopat, sepuh. Kalima, turunan. Kagenep, hijrahna. Heulakeun anu leuwih fiqh manan aqra’.
Ari pirang-pirang sipat anu disyaratkeun ka imam aya lima. Kahiji jeung kadua, ulah hadas jeung ulah junub. Katilu, tong aya najis dina pakéan tawa dina badan imam. Kaopat teu ninggalkeun i’tidal jeung tuma’ninah dina shalat. Kalima, teu ninggalkeun maca patihah.
(Sulamut Taufiq : 33)

Bagi imam jum’ah harus memenuhi kriteria sifat yang disunnatkan dan sifat yang disyaratkan.
Adapun sifat yang disunnatkan bagi imam jum’ah ada enam macam, yaitu
1.       Memahami fiqh
2.       Tartil bacaan Al Qur’an (bahasa Arab)
3.       Waro’ (terjaga akhlaknya)
4.       Sepuh/dituakan
5.       Keturunan (shaleh)
6.       Hijrah
Apabila ada dua orang yang satu paham fiqh dan yang satu tartil bacaannya, maka yang diambil adalah yang paham fiqh.
Sedangkan sifat imam jum’ah yang disyaratkan ada lima macam, yakni
1.       Tidak berhadas
2.       Tidak junub
3.       Pakaian dan badannya tidak bernajis
4.       Tidak meninggalkan i’tidak dan tuma’ninah dalam shalat
5.       Tidak meninggalkan bacaan Fatihah

H.     Al Musabi’ah

[فائدة] ورد في الخبر: أن من قرأ عقب سلامه من الجمعة قبل أن يثني رجله الفاتحة والإخلاص والمعوذتين سبعاً سبعاً غفر له ما تقدم من ذنبه وما تأخر وأعطي من الأجر بعدد من آمن بالله ورسوله

Diterangkeun dina Hadis: Saenya-enyana jalma nu maca ngiring-ngiringan salam tina solat Jum’ah saméméh mindahkeun sukuna kana maca Fatihah, Al Ikhas, sareng Al Falaq – An Nas  tujuh-tujuh kali mangka dihampura dosana nu geus kaliwat jeung nu bakal sareng bakal dibéré ganjaran sabingbilangan jalma anu iman ka Allah sareng ka Rasul-Na. (Syarah Safinah)

Dalam sebuah Hadis diceritakan bahwa barang siapa yang membaca surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas tujuh-tujuh kali sebelum merubah posisi kaki (tawaruk pada shalat jum’ah), maka ia akan diampuni dosa-dosanya baik yang sudah lalu maupun kemudian, serta akan diberi pahala sejumlah orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.


I.        Du’a ba’da Musabi’ah
ثم يقول : اَللّهُـمَّ يَاغَنِيُّ يَاحَمِيْد يَامُبْدِءُ يَامُعِـيْد يَارَحِـــيْمُ يَاوَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَــرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْـصِيَّتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ اربع مرات. وروي أن من واظب عليـه أغناه الله ورزقه من حيث لايحتسب
Tuluy maca deui ieu : Ya Allah Anu Beunghar hé Dzat Nu Dipuji, hé Dzat Nu Ngamimitian, hé Dzat Nu Ngabalikeun, hé Dzat Nu Asih, hé Dzat Nu Nya’ahan. Mugi nyugihkeun Gusti ka abdi ku anu halal jauh nu diharamkeun ku Gusti, kana to’at ka Gusti jauh tina ma’siatna, ku fadlalna jauh tina salian-Na. Macana opat balik. Mangka saha jalma nu ngalanggeungkeun ieu du’a maka bakal nyugihkeun Allah ka éta jalma sareng bakal dipasihan rijki anu teu disangka-sangka.

J.        Ilahi Lastu
[فائدة] عن القطب عبدالوهاب الشعراني نفعنا الله به إن من واظب على قراءة هذين البيتين في كل يوم جمعة توفاه الله تعالى على الإسلام من غير شك وهما:
إلهي لست للفردوس أهلاً " ولا أقوى على نار الجحيم
فهب لي توبة واغفر ذنوبي " فإنك غافر الذنب العظيم
ونقل عن بعضهم أنهما يقرآن خمس مرات بعد صلاة الجمعة.
Ti sayyidi Abdil Wahhab Asy Sya’rani : Saenya-enyana jalma nu ngalanggengkeun maca dua ieu bét dina saban-saban tos shalat jum’ah mangka bakal ngamaotan Allah ka éta jalma netepan Agama Islam kalawan teu aya kamang-mangan.
Macana lima balikan :
Aduh Gusti abdi sanés ahli surga * Namung hanteu kiat nandang ka naraka
Mugi Gusti kersa maparinan tobat * ngahapunten kana tingkah anu lepat




*) Seksi Fatwa MUI Kecamatan Cijulang Kab. Ciamis

1 komentar:

jaka sembung mengatakan...

arabna teu jelas kang.. ngangge anu lebih jelas atu.. abimah rada karagok macana.. bisikan salah...