« »
« »
« »
Get this widget

Sabtu, 13 Februari 2010

Tips Kram Otot Betis Saat Tidur

Saat kita tidur pulas, biasanya habis kerja berat atau sehabis olahraga yang kurang teratur biasanya kita tertantang untuk tidur pulas. Pada saat tengah malam kita sering dibangunkan dengan keadaan otot betis terasa ada yang menarik, kaku, dan sangat sakit. Keadaan itulah yang kita kenal dengan kram otot betis.

Kram otot betis, biasanya juga sering terjadi pada ibu-ibu yang sedang mengandung tua. Oleh karena itu sang suami harus siap jaga pada saat sang istri sedang hamil tua. Karena sering terjadi hal-hal mendadak yang perlu penanganan segera.

Cara Penanganan
A. Relaksasi dan Pemijatan
  1. Atur pernafasan, jangan sampai nafas kita tahan sehingga mengakibatkan ketegangan otot. Karena pusat kram akan bertambah tegang.
  2. Tidak perlu panik, jika sedang tidur sendirian lakukan pemijitan dari persendian belakang lutut langsung pada sasaran urat yang tegang.
  3. Posisik kaki dilipat, jangan sekali-kali menyentakkan kaki, sebab akan berakibat putusnya urat betis.
  4. Jaga jangan sampai merintih-rintih atau meraung-raung, akan berakibat lambatnya pemulihan dan pelemasan urat.
B. Ramuan dan Obat untuk Preventif
Cari bahan-bahan yang biasa dijadikan untuk bahan dasar BANDREK, atau jika sudah ada di warung-warung kemasan yang instan cukup disedu dan diminum secara teratur.
Jika ingin meracik sendiri, bahan-bahan yang diperlukan :
  1. Jahe merah 1/4 ons
  2. Merica 1 gram
  3. Kulit kayu manis 1/4 ons
  4. Gula aren 1/4 ons
  5. Air 1 liter
  6. Madu secukupnya
  7. Telur ayam kampung 1 butir
Bahan-bahan no. 1 - 4 ditumbuk lalu direbus hingga menyisakan air sekitar 400 cc/ 2 gelas. Dinginkan dan tuangkan 2 sdm madu serta kuning telur untuk selanjutnya diminum tiap pagi. Lakukan secara rutin selama satu minggu. (Selamat mencoba, semoga bermanfaat)

Tidak ada komentar: